Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Penyebab Sinyal Lemah di Dalam Rumah yang Mengganggu Internet

penyebab sinyal lemah di dalam rumah


Ada beragam faktor yang bisa mengakibatkan sinyal yang lemah di dalam rumah. Namun penyebab sinyal lemah di dalam rumah ini seringkali jadi salah satu yang disalahkan adalah jaringan internet, padahal tidak selalu begitu. Oleh karena itu pada uraian ini akan dijelaskan secara detail mengenai penyebabnya. 

Internet memang krusial dalam era dimana teknologi merajalela. Bagi yang memilih untuk bekerja dari rumah, ketersediaan sinyal yang baik menjadi suatu keharusan. Untuk memastikan kelancaran pekerjaan, penting untuk mengetahui enam penyebab umum sinyal yang lemah di rumah. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Sinyal Terhalang oleh Perabot di Dalam Rumah

Kadang kala, jalinan sinyal terhalang oleh perabot-perabot yang terdapat di dalam rumah, terutama yang terbuat dari kaca atau logam. Oleh sebab itu, sanggup jadi sambungan smartphone terputus, tak sanggup memperoleh sinyal yang dibutuhkan bagi mengakses jaringan internet.

Untuk mengatasi permasalahan semacam ini, langkah yang kerap kali diambil adalah membuka jendela atau pintu. Atau, tak jarang orang memutuskan untuk keluar dan mengelilingi area rumah guna menemukan sinyal yang lebih memadai.

2. Kapasitas Baterai Tinggal Sedikit


Penyebab sinyal lemah di dalam rumah selanjutnya adalah kapasitas baterai yang hanya tinggal sedikit. Sebab dari kelemahan sinyal di dalam bangunan yang sering ditemui adalah daya baterai yang tinggal sedikit. Mungkin saja ini menimbulkan keheranan, namun faktanya, ada kaitan erat antara keduanya.


Beberapa smartphone dari berbagai jenis memang disetel untuk menurunkan kinerjanya demi menghemat daya. Dalam hal ini, kapabilitas mengakses sinyal ikut terpengaruh. Untuk menanggulangi hal ini, segera isi ulang baterai saat sudah menipis.


3. Koneksi Jaringan Perlu Di-Refresh

Meski terkesan sepele, namun melakukan pembaruan pada koneksi jaringan sesekali perlu dilakukan. Ini efektif untuk memperbaiki penerimaan sinyal. Salah satu metode pembaharuan adalah dengan mematikan jaringan terlebih dahulu sebelum kemudian mengaktifkan kembali.

Metode ini lebih sederhana daripada me-restart seluruh perangkat. Dengan memperbaharui melalui mode pembaruan, secara otomatis smartphone akan mendeteksi sinyal dengan lebih baik.

4. Operator Tidak Memiliki Jaringan yang Baik di Sekitar Rumah

Sumber dari kelemahan sinyal di dalam bangunan mungkin bukanlah dari hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Terkadang, masalahnya berasal dari jaringan operator yang digunakan, mungkin saja jaringan tersebut kurang optimal di sekitar tempat tinggal.


Untuk memastikan hal ini, lebih baik bertanya kepada tetangga yang menggunakan operator yang sama. Jika mereka mengalami masalah yang serupa, besar kemungkinan jaringan operator tersebut yang menjadi penyebab kelemahan sinyal di dalam bangunan.

5. Terjadi Pemadaman Listrik

Saat terjadi pemadaman listrik, ternyata ini juga bisa berpengaruh pada melemahnya sinyal internet. Ini disebabkan oleh putusnya jaringan internet bersamaan dengan hilangnya pasokan listrik.

Jika masalah sinyal terjadi karena pemadaman listrik, satu-satunya solusi adalah menunggu hingga listrik kembali tersambung. Begitu pasokan listrik pulih, jaringan internet pun akan kembali normal. Sinyal smartphone pun akan bisa digunakan seperti biasa.

6. Terjadi Kesalahan dalam Melakukan Setting Access Point Names

Mungkin saja setelah mencoba berbagai solusi, penyebab kelemahan sinyal belum juga terpecahkan. Jika begitu, kemungkinan besar masalahnya ada pada kesalahan dalam mengatur Nama Titik Akses (APN).

Setiap jaringan membutuhkan pengaturan APN yang tepat. Sebagai contoh, pengguna Tri memerlukan APN yang sesuai (3GPRS dan 3data), begitu pula dengan pengguna Telkomsel (telkomsel 4g). Jika terdapat kesalahan pengaturan pada APN, internet di perangkat Android akan terpengaruh.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab sinyal lemah di dalam rumah yang dapat dipicu oleh beberapa faktor eksternal maupun internal. Namun, hal ini tidak perlu sampai menimbulkan kekhawatiran karena penyebab lemahnya sinyal di rumah masih termasuk mudah untuk diatasi sendiri.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "6 Penyebab Sinyal Lemah di Dalam Rumah yang Mengganggu Internet"